20 Satwa K-9 Perkuat Pengamanan Resepsi Kaesang-Erina di Solo, Ini Tugasnya

Unit K-9 Kepolisian membawa anjing pelacak

Sabtu, 10 Desember 2022 – 15:52 WIB

VIVA Nasional – Pihak kepolisian memperkuat tim pengamanan Jelang hari H tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang-Erina, dengan menambah personel subsatgas satwa.  Dengan total 45 anggota Polri ditambah 20 anjing ras K-9 yang hadir di Surakarta, diharapkan hal itu bisa membantu melakukan sterilisasi lokasi kegiatan dan pelacakan bahan peledak.

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas, Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy menuturkan, penambahan tersebut dilakukan untuk memastikan situasi Surakarta tetap kondusif, jelang resepsi tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina pada 11 Desember 2022 besok.

“Personel subsatgas satwa, awalnya berjumlah 27 personil dan 11 satwa. Saat ini diperkuat, sehingga jumlahnya menjadi 45 personel Polri dan 20 anjing ras K-9,” kata Iqbal, Sabtu 10 Desember 2022.

Kabid Humas Polda Jateng saat mendampingi Kapolda Jateng.

Kabid Humas Polda Jateng saat mendampingi Kapolda Jateng.

Photo :

  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Dia menjelaskan, proses penambahan satwa K-9 itu didatangkan dari sejumlah Polres di jajaran kepolisian Jawa Tengah. “Bila dirinci berdasar asal kesatuannya, kekuatan subsatgas satwa saat ini berasal dari Ditsamapta Polda Jateng ditambah 18 polres jajaran,” ujarnya

Sedangkan bila dirinci berdasarkan jenis ras, kata Iqbal, subsatgas satwa saat ini juga diperkuat oleh anjing-anjing dari empat jenis ras.

“Jenisnya antara lain labrador malinois, belgian malinois, german sepherd, dan golden retriever. Semuanya punya keahlian yang sama yaitu sterilisasi dan pelacakan bahan peledak,” kata Iqbal.

Sumber: www.viva.co.id