5 Desa di Mandailing Natal Terendam Banjir, Warga Sempat Mengungsi

Fasilitas Pendidikan di Mandailing Natal atau Madina Sumut Terendam Banjir. (ilustrasi)

Senin, 12 Desember 2022 – 07:41 WIB

VIVA Nasional – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan lima desa dari empat Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, terendam banjir pada Minggu malam, 11 Desember 2022. 

Berdasarkan data diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, desa yang terendam banjir, yakni Desa Pulo Padang, Kecamatan Lingga Bayu, Desa Patiluban Mudik, Patiluban Hilir, Kecamatan Natal, Desa Hutaimbaru, Kecamatan Muara batanggadis dan sejumlah desa di Kecamatan Sinunukan. 

BPBD Madina, Edi Sahlan menjelaskan pihaknya masi melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga terendam air. Ia mengatakan berdasarkan data sementara, menunjukkan warga di kawasan Desa Patiluban sempat mengungsi karena air naik ke pemukiman. 

“Di lokasi itu ketinggian air mencapai satu meter, kalau di lokasi lain rata-rata 50 cm,” kata Edi kepada wartawan, Minggu malam, 11 Desember 2022.

Banjir melanda Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Banjir melanda Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Edi mengakui banjir di Kabupaten Madina tidak lepas dari curah yang tinggi terjadi sejak Sabtu kemarin, 10 Desember 2022. Untuk sementara, hanya dua desa yang pemukimannya terendam banjir.

“Selebihnya perkebunan milik warga yang terendam. Saat ini di Madina masih hujan,” sebut Edi.

Sumber: www.viva.co.id