8 Tokoh Nasional Meninggal Dunia di Tahun Ini

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Rabu, 28 Desember 2022 – 10:04 WIB

VIVA Nasional – Indonesia kehilangan sejumlah tokoh penting nasional di sepanjang tahun 2022 ini. Mereka adalah sosok-sosok yang berkontribusi penting bagi Indonesia di berbagai bidang, pemerintahan, ekonomi, politik-demokrasi, pendidikan, hukum, sosial-budaya hingga agama. 

Kontribusi besar mereka bagi bangsa Indonesia terbukti dari besarnya ucapan duka cita yang dipanjatkan ketika mereka wafat. Mulai dari pejabat hingga orang biasa melayat memberikan penghormatan terakhir. 

Beberapa tokoh yang meninggal dunia di tahun 2022 ini seperti mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif, Cendekiawan Muslim-Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra hingga Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Berikut VIVA merangkum 8 tokoh nasional yang wafat di tahun 2022 dalam VIVA RePlay 2022 berikut ini:

1. Yahya Muhaimin

Mantan Mendiknas Yahya Muhaimin meninggal dunia

Mantan Mendiknas Yahya Muhaimin meninggal dunia

Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Prof Yahya A Muhaimin mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 79 tahun di Purwokerto pada Rabu, 9 Februari 2022, pukul 10.15 WIB. Mendiknas pada periode 1999-2001 itu meninggal dunia karena sakit. 
 
Yahya Muhaimin merupakan sosok yang peduli terhadap pendidikan dan juga menjabat Rektor Universitas Peradaban Bumiayu, dibawah Yayasan Perguruan Taallumul Huda yang pernah beliau pimpin sebagai Ketua Umum. 
 
Sebelum menjadi Mendiknas pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid mendiang pernah menjadi atase pendidikan di Washington DC.

Yahya Muhaimin lahir di Bumiayu 13 Mei 1943, menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1971. Kemudian, gelar doktor dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Amerika Serikat, pada 1982. 

Sebelum diangkat menjadi menteri, ia adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. 

Halaman Selanjutnya

2. Arifin Panigoro

img_title

Sumber: www.viva.co.id