Akses ke Pemakaman Tak Ada Jembatan, Warga Gotong Keranda Jenazah Sebrangi Sungai

Akses ke pemakaman sulit, warga gotong keranda jenazah lewati sungai.

Kamis, 15 Desember 2022 – 07:59 WIB

VIVA Nasional – Viral warga tengah menggotong keranda jenazah untuk dimakamkan harus melalui sungai dengan arus deras karena tidak memiliki jembatan. Hal itu terjadi di Dusun Dusun Aek Pala, Desa Janji, Kecamatan Billah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Aksi warga gotong keranda mayat itu viral di media sosial. Kondisi ini membuat sangat prihatin. Karena, untuk mengantarkan jenazah ke pemakaman harus melalui sungai dan sangat berhati-hati. Agar keranda tidak terbawa air sungai yang berarus deras.

“Susahnya akses ke pemakaman,” tulis narasi video dikutip VIVA dari Facebook dengan akun Abdul Nst, Rabu malam, 14 Desember 2022.

Menurut penuturan warga sekitar, Zainal, kejadian warga menggotong keranda itu pada Minggu siang, 11 Desember 2022. Untuk sampai ke pemakaman jalan satu-satunya harus melalui sungai tersebut.

“Benar, memang seperti itu. Jalan ke pemakaman harus melalui sungai itu,” kata Zainal kepada wartawan.

Zainal menjelaskan di dusun itu, dihuni sekitar 130 Kepala Keluarga. Di mana, untuk akses ke pemakaman sejak dulu memang tidak ada. Sehingga warga bersama-sama menggotong keranda melalui sungai untuk sampai ke pemakaman.

Sebelumnya, warga secara suka rela membuat rakit untuk menyebrang sungai. Belakangan rakit sungai itu rusak.

Sumber: www.viva.co.id