Anggota DPR Sebut Kebijakan Jokowi Ini Efektif Cegah Gelombang COVID-19

Presiden Jokowi meninjau langsung vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun

Jumat, 6 Januari 2023 – 19:18 WIB

VIVA Nasional – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah berhasil menangani pandemi COVID-19 dan menjaga stabilitas ekonomi nasional sehingga tahan terhadap krisis. Terlebih, Indonesia menjadi salah satu dari beberapa negara anggota G20 yang tak mengalami lonjakan COVID-19 dalam 10 bulan terakhir.

“Saya kira tentu pantas kita berterima kasih dan bersyukur ya, karena hasil kerja sama kolaborasi gotong royong antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan rakyat, kita sudah menjalankan itu karena kuncinya kan kerja sama,” kata Rahmad Handoyo kepada wartawan, Jumat 6 Januari 2023

Ilustrasi Seorang petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk para tenaga kesehatan.

Ilustrasi Seorang petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk para tenaga kesehatan.

Politisi PDIP ini mengatakan, penanganan pandemi di Indonesia sangat berbeda dengan di negara-negara luar, dimana kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi ampuh menahan laju COVID-19.

Kebijakan pemerintah lainnya yang berhasil membuat Indonesia cepat terbebas dari gelombang pandemi adalah vaksinasi secara massal kepada seluruh masyarakat dengan tingkat usia. Pada saat gelombang delta kemarin, kata Rahmad, begitu banyak masyarakat yang sudah terkena COVID-19 secara alami membentengi tubuh, membentengi masyarakat dengan kekebalan berkelompok. 

“Diperkuat dengan vaksin 1 dan 2 itu yang membedakan kekebalan kelompok yang ada di Indonesia, yang membentengi dan membedakan dengan negara lain. Ketika negara lain kasusnya banyak kemudian juga vaksinasi, tetapi protokol kesehatannya begitu longgar, itu yang membedakan,” ujarnya.

Meski pemerintah sudah mencabut PPKM, Rahmad Handoyo meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak terlalu euforia agar Indonesia tetap terhindar dari ancaman pandemi berikutnya 

Halaman Selanjutnya

“Tetap kita gunakan protokol kesehatan, terutama di ruang tertutup walaupun tidak ada aturan protokol kesehatan menjadikan hidup kita yang berikutnya, tetap melanjutkan program pemerintah melalui program vaksinasi Booster,” ujar Rahmad.

img_title

Sumber: www.viva.co.id