Approve Rating Kepercayaan Terhadap Polri Mulai Naik

ilustrasi 3 jenderal polisi dimutasi kasus Brigadir J

Rabu, 4 Januari 2023 – 20:59 WIB

VIVA Nasional – Survei Indikator Politik Indonesia melaporkan temuan terbaru yang salah satunya terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga. Dalam tren kepercayaan itu versi Indikator, Polri mulai naik.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan kepercayaan publik terhadap Polri sempat turun drastis sejak pertengahan 2022. Menurut dia, hal itu karena mencuatnya kasus pembunuhan Yosua Hutabarat alias Brigadir J oleh eks Kadiv Propam Ferdy Sambo. Lalu, ada juga tragedi kelam di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Temuan survei Indikator periode 1-6 Desember 2022, tren kepercayaan terhadap Polri mencapai 66,5 persen. Angka itu membaik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Trust atau approve rating seperti iman; kadang naik, kadang turun. Trust terhadap polisi itu pernah paling tinggi di bulan November 2021, 80 persen masyarakat trust terhadap polisi,” kata Burhanuddin, dalam paparannya secara daring, Rabu, 4 Januari 20243.

Tren kepercayaan terhadap lembaga versi survei Indikator Politik Indonesia.

Tren kepercayaan terhadap lembaga versi survei Indikator Politik Indonesia.

Dia mengatakan kasus Sambo sempat membuat Polri tergerus tingkat kepercayaan publiknya. Tapi, sekarang tren kerpacayaan itu perlahan mulai naik.

“Peristiwa Sambo membuat polisi terjerembat tingkat keyakinan kepercayaan publiknya. Tetapi, mulai naik dari dari saat itu 54 persen, sekarang sudah sekitar 66 persen,” jelas Burhanudin.

Halaman Selanjutnya

Dari data survei, kasus Sambo membuat kepercayaan publik terhadap Polri periode Agustus 2022 turun jadi 54,4 persen. Padahal, Polri sempat di 62,6 persen pada Juni 2022. Tapi, kembali merosot jadi 60,5 persen pada November 2022 karena efek tragedi Kanjuruhan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id