Awal 2023, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat hingga Angin Kencang

Sejumlah pekerja berjalan dengan latar belakang awan mendung di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022, menyusul peringatan BMKG tentang potensi hujan lebat.

Minggu, 1 Januari 2023 – 07:29 WIB

VIVA Nasional – Cuaca di Tanah Air di awal tahun 2023, Minggu 1 Januari, diperkirakan masih akan diwarnai dengan hujan lebat, petir hingga potensi angin kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, dalam laman resminya, memberi peringatan dini terkait potensi cuaca di sejumlah wilayah Tanah Air.

Di Ibu Kota Jakarta, mengawali tahun baru 2023 ini, hujan dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari,” tulis BMKG dikutip VIVA, Minggu 1 Januari 2023.

Dua wilayah di sekitar Jakarta, yakni Banten dan Jawa Barat juga diperingatkan oleh BMKG akan potensi hujan deras di beberapa wilayah tersebut. Di kawasan Sumatera, dari Aceh hingga Bengkulu dan Jambi, juga diperingatkan akan potensi hujan lebat.

BMKG juga mengingatkan untuk kawasan Bali. Perubahan kecepatan angin, diminta untuk diwaspadai. “Waspada potenso kenaikan kecepatan angin serta potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat menyebabkan banjir,”.

Sementara untuk ujung Jawa, di Jawa Timur, potensi hujan lebat disertai petir juga harus diwaspadai. BMKG juga memberi peringatan untuk wilayah Kalimantan Barat.

Halaman Selanjutnya

“Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota Sanggau dan Kapuas Hulu,”.

img_title

Sumber: www.viva.co.id