Beda Versi Badai Jakarta BMKG Vs BRIN, Apa Kata Rara Pawang Hujan?

Pawang hujan, Rara Isti Wulandari

Rabu, 28 Desember 2022 – 12:08 WIB

VIVA Nasional – Prediksi hujan ekstrem dan badai dahsyat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 28 Desember 2022 menggemparkan masyarakat.

Prediksi tersebut datang dari peneliti di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin.

Sejumlah pekerja berjalan dengan latar belakang awan mendung di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022, menyusul peringatan BMKG tentang potensi hujan lebat.

Sejumlah pekerja berjalan dengan latar belakang awan mendung di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022, menyusul peringatan BMKG tentang potensi hujan lebat.

Melalui akun Twitter @EYulihastin, pada Senin, 26 Desember 2022, disebutkan potensi hujan ekstrem dan badai dahsyat berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System atau Sadewa.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengaku belum bisa memastikan terjadinya badai di Jabodetabek pada hari ini. Alih-alih badai, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, panggilan lebih memilih menyebutnya sebagai hujan lebat dan ekstrem hujan yang melanda wilayah Jabodetabek.

Ditengah perdebatan mengenai badai ektrim Jakarta, sosok Rara pawang hujan berpendapat mengenai perbedaan versi prediksi BMKG dan BRIN.

Halaman Selanjutnya

Di dalam Instagram pribadinya ia mengunggah foto mengenai pemberitaan BMKG dan BRIN yang memiliki perbedaan prediksi. Ia menuliskan juga bahwa dirinya banyak di chat orang yang menanyakan prediksi cuaca Jabodetabek, Rabu, 28 Desember 2022.

img_title

Sumber: www.viva.co.id