Empat Pekerja di Sleman Tertimbun Longsor Saat Gali Pondasi Talud

Empat orang pekerja bangunan tertimpa longsor di Sleman.

Selasa, 3 Januari 2023 – 07:03 WIB

VIVA Nasional – Empat orang pekerja di sebuah proyek perumahan di daerah Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tertimbun longsor. Kejadian ini terjadi pada Senin, 2 Januari 2023 sekitar pukul 15.00 WIB.

Pengawas proyek Gunardi mengatakan, sekitar pukul 15.00 WIB, dia melihat ada pekerja yang berdiri di tebing galian untuk pondasi talud. Saat itu Gunardi mengaku sudah memperingatkan pekerja agar tidak mepet ke tebing.

“Sudah saya peringatkan jangan mepet. Naik saja. Tapi ada seorang yang sembrono, dia ketuk-ketuk tanahnya setelahnya langsung longsor,” kata Gunardi, Senin, 2 Januari 2022.

Ilustrasi longsor.

Gunardi menerangkan, tinggi galian saat itu mencapai sekitar enam meter. Gunardi menerangkan, tumpukan material itu teksturnya adalah pasir dan memang riskan terjadi longsor.

Sementara itu Humas Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Pipit Eriyanto mengatakan, ada empat korban yang tertimbun longsoran material. Dari empat ini tiga korban berhasil dievakuasi dan seorang masih tertimbun material dan dalam tahap pencarian.

Pipit merinci empat korban ini adalah Karsono (50), Karju (40) dan Dodi (53) yang merupakan warga Kabupaten Gunungkidul, DIY. Sementara satu lainnya adalah Surya (32) warga Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya

Pipit mengatakan, usai ada laporan longsor itu, tim gabungan Basarnas, BPBD Sleman dan relawan gabungan kemudian melakukan evakuasi. Ada tiga pekerja yang berhasil dievakuasi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id