Erick Thohir Dikritik Karena Urus Pernikahan Kaesang, Pengamat: Mereka Iri

Pemilik klub basket Satria Muda, Erick Thohir.

Jumat, 9 Desember 2022 – 15:46 WIB

VIVA Nasional – Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (Spin) Igor Dirgantara merespon sindiran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera soal keterlibatan Menteri Bahan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sibuk mengurusi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dan Erina Gunodo. 

Menurut Igor Dirgantara, keterlibatan Erick Thohir dalam urusan pernikahan tidak masalah. Justru hal itu menunjukkan kedekatan pribadi Erick dengan Jokowi sehingga dipercaya mengurusi pernikahan putera kesayangannya. 

“Kalau yang mengkritik itu justru mereka iri terhadap kapasitas Erick Thohir dan kedekatannya dengan Jokowi. Itu termasuk misalnya dia menjadi ketua panitia pernikahan anaknya Jokowi. Iri bilang bos Apalagi ini mendekati tahun politik, keirian-keirian kayak gitu itu misalnya menunjukkan bahwa Erick Thohir adalah figur yang memang patut atau sangat diperhitungkan,” ujar Igor, Jumat 9 Desember 2022 

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Igor menambahkan, pernyataan Mardani yang bilang seolah menteri tidak punya pekerjaan, itu justru keliru. Menurutnya, tragedi Kanjuruhan kalau bukan karena Erick Thohir yang melobi langsung FIFA belum tentu selamat dari sanksi.

Lanjut Igor, dari track recordnya, Erick Thohir merupakan seorang menteri kesayangan Presiden Jokowi yang selalu dipercaya mengurusi banyak hal. “Secara kinerja di BUMN dia bagus, meskipun mengurus banyak hal lain,” kata Igor.

Senada dengan Igor Dirgantara, Ketua Umum Fraksi Muda Indonesia, Nurhidayatullah Cottong mengatakan, status Erick Thohir sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep tidak akan mempengaruhi kinerjanya di BUMN, apalagi disebut akan menggangu kerja Erick Thohir sebagai menteri. Penunjukkan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dilandasi hubungan baiknya dengan Jokowi hingga kepercayaan itu diberikan kepadanya. 

Sumber: www.viva.co.id