Ganjar Bawa Jateng Jadi Provinsi Pengawasan Pangan Segar Terbaik di Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Kamis, 29 Desember 2022 – 21:00 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali mengukir prestasi dalam memimpin Jateng. Kali ini, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menobatkan Jateng menjadi provinsi dengan pengawasan pangan segar terbaik di Indonesia lewat Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng.

OKKPD merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sebelum beredar dan saat berada di pasaran. Pengawasan tersebut guna menjaga keamanan pangan bagi masyarakat.

Ganjar mengatakan, pihaknya selama ini terus mendorong seluruh jajara  OKKPD untuk maksimal bekerja. Ganjar juga telah menyiapkan SDM berkompeten di bidang pengawasan pangan segar.

“Hampir semua sektor dan sub sektor kita minta untuk selalu bekerja soal itu dan mereka secara teknis punya pengalaman untuk melakukan itu,” kata Ganjar di Balai Desa Kadingrejo, Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jateng, Kamis, 29 Desember 2022.

OKKPD sendiri memiliki peran penting dalam menerbitkan sertifikat  mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan. Pengawasan yang dilakukan OKKPD antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan.

Pemprov Jateng juga melakukan pembinaan kepada OKKPD kabupaten/kota. Selama kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil (PSAT-PDUK) dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemkab/ pemkot. 

Halaman Selanjutnya

Ganjar pun mengapresiasi OKKPD Jateng yang berhasil menjadi terbaik nasional. Ganjar mengatakan, pihaknya akan mereplikasi prestasi tersebut kepada sektor dan subsektor lain yang ada di Jateng.

img_title

Sumber: www.viva.co.id