Gunung Marapi Tercatat 3 Kali Erupsi Sejak Pagi, Begini Respons BPBD

Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi.

Sabtu, 7 Januari 2023 – 15:23 WIB

VIVA Nasional – Pos Pengamat Gunung Marapi mencatat, sejak pukul 06.11 WIB, Sabtu 7 Januari 2023 tercatat sudah 3 kali gunung mengalami erupsi. Gunung ini berada di wilayah administratif Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

Erupsi pertama terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13,4 mm dengan durasi sekitar 45 detik. Tinggi kolom abu tercatat mencapai 300 meter. Lalu, erupsi kedua terjadi pada pukul 09.44 WIB dengan ketinggian kolom abu 200 meter dengan amplitudo maksimum 2,4 mm.

Lalu, erupsi ketiga terjadi pukul 10.34 WIB. Dengan ketinggian abu kolom teramati mencapai 250 meter di atas puncak. Erupsi ini, terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi sekitar 40 detik.

Meski demikian, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat, Rumainur menyebut belum ada tindakan khusus terkait peristiwa ini. Pihaknya, masih melakukan koordinasi dengan PVMBG, memantau dan menginbau kepada seluruh warga untuk tetap waspada.

“Belum ada tindakan khusus. Saat ini, petugas dari BPBD Kabupaten Tanah datar,” kata Rumainur, Sabtu 7 Januari 2023.

Gunung Marapi dilihat dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Gunung Marapi dilihat dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Rumainur menyebut, belum adanya tindakan khusus lantaran saat ini status gunung marapi masig berada di level II atau waspada. Jika kemudian PVMBG menaikkan status, maka secara otomatis juga akan ada langkah lebih lanjut untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya

“Kita masih menunggu rekomendasi dari PVMBG. Statusnya masih level II. Belum ada perubahan status,” tutup Rumainur.

img_title

Sumber: www.viva.co.id