Harusnya Kapolri Pertimbangkan Surat Pengunduran Diri Ferdy Sambo

Kuasa hukum Ferdy Sambo Arman Hanis

Jumat, 30 Desember 2022 – 11:18 WIB

VIVA Nasional –  Arman Hanis, selaku kuasa hukum Ferdy Sambo menjelaskan alasan kliennya menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas keputusan pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) sebagai anggota Polri.

“Betul bahwa pada Kamis, 29 Desember 2022 bahwa kami sebagai Kuasa Hukum Ferdy Sambo mengajukan gugatan ke PTUN terkait Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor. 71/POLRI/Tahun 2022 tentang Pemberhentian Tidak Hormat Perwira Tinggi Polri tanggal 26 September 2022,” kata Arman melalui keterangannya pada Jumat, 30 Desember 2022.

Tentu, Arman mengaku sudah melakukan pertimbangan yang cukup dan cermat serta memperhatikan  ruang hukum yang tersedia bagi kliennya untuk dapat mengajukan gugatan terkait keputusan PTDH yang dijatuhkan kepada Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Propam Polri.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa gugatan klien kami di PTUN merupakan hal yang biasa saja dan merupakan hak konstitusional yang diberikan oleh negara kepada warga negara,” ujarnya.

Ferdy Sambo Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J

Ferdy Sambo Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J

Diantaranya, berdasarkan ketentuan Pasal 53 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara, bahwa seseorang atau badan hukum perdata yang merasa kepentingannya dirugikan oleh suatu Keputusan Tata Usaha Negara, dapat mengajukan gugatan tertulis kepada Pengadilan yang berwenang berisi tuntutan agar Keputusan Tata Usaha Negara yang disengketakan itu dinyatakan batal atau tidak sah, dengan atau tanpa disertai tuntutan gati rugi dan/atau rehabilitasi.

Halaman Selanjutnya

“Sehingga, ada ruang yang disediakan oleh Negara ini untuk melakukan upaya hukum dalam memastikan hak setiap warga negara untuk memperoleh keadilan, tanpa memandang siapa dan dari golongan apa dia berasal,” jelas dia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id