Jelang Tahun Baru, Lonjakan Penumpang di Stasiun Solo dan Yogyakarta Masih Tinggi

Rangkaian gerbong kereta api (KAI) melintas di Stasiun Solobalapan

Sabtu, 31 Desember 2022 – 12:15 WIB

VIVA Nasional – Menjelang perayaaan malam tahun baru 2023, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada para penumpang untuk datang lebih awal. Hal ini dilakukan lantaran jelang pergantian tahun arus lalu lintas padat.

“Di masa libur Natal dan Tahun Baru, volume kendaraan meningkat yang mengakibatkan beberapa ruas jalan mengalami kepadatan,” kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, Sabtu, 31 Desember 2022. 

Oleh sebab itu, lanjut dia, para penumpang kereta diminta untuk memperhitungkan waktu perjalanan dari tempat tinggal menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta. Apalagi akses jalan menuju stasiun seperti di Yogyakarta dan Solo yang berada di bawah KAI Daop 6 Yogyakarta sering terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan.

PT KAI mengoperasikan Kereta Solo Express (Solex) tujuan relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo di Stasiun Solobalapan, Solo, pada Kamis, 10 Mei 2018.

PT KAI mengoperasikan Kereta Solo Express (Solex) tujuan relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo di Stasiun Solobalapan, Solo, pada Kamis, 10 Mei 2018.

“Berangkat dari tempat tinggal lebih awal agar bisa datang ke area stasiun sesuai rencana untuk melakukan perjalanan dengan kereta api,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Franoto menginformasikan bahwa saat ini pun volume penumpang di stasiun masih padat. Kepadatan penumpang itu terjadi baik untuk yang penumpang turun maupun yang akan naik kereta di stasiun Solo maupun Yogyakarta.

“Pada tanggal 29 Desember 2022 pukul 13.00 WIB, tercatat total kepadatan stasiun di Daop 6 sebanyak 472.438 penumpang. Jumlah itu meningkat kembali pada keesokan harinya di jam yang sama yaitu, Jumat 30 Desember 2022, kepadatan penumpang di Daop 6 masih tinggi mencapai 491.137 penumpang,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

“Adapun data sementara pada hari ini sampai pukul 06.00 WIB tadi, ada 258.455 penumpang turun, dan 245.660 penumpang naik dari stasiun Daop 6. Jadi memang masih tinggi,” katanya menambahkan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id