Jokowi Gelar Ritual Ngunduh Mantu untuk Uri-uri Budaya, Jan Ethes Beri Selamat kepada Kaesang

Presiden Joko Widodo bersama istrinya Iriana dan putra serta menantu dan cucu-cucunya berbicara kepada wartawan tentang esensi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarap dan Erina Gudono di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 11 Desember 2022.

Minggu, 11 Desember 2022 – 10:33 WIB

VIVA Nasional – Kaesang Pangarap dan Erina Gudono menjalani prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 11 Desember 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan khusus tentang alasannya menggelar tradisi ngunduh mantu

Jokowi, sebelum acara ngunduh mantu, secara singkat menjelaskan bahwa keluarganya ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono sekaligus nguri-nguri kebudayaan.

“Kami nguri-nguri kebudayaan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kami. Oleh sebab itu, mengenalkan budaya merupakan kewajiban, mencintai budaya adalah kewajiban kami bersama,” ujarnya.

Prosesi adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Prosesi adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Jan Ethes mengatakan selamat kepada pamannya Kaesang yang menikah dengan Erina. Jan Ethes bergandengan tangan dengan Jokowi tiba di Loji Gandrung, Solo, pukul 07.22 WIB. Tradisi ngunduh mantu berlangsung sekitar satu jam, di antaranya tumplak punjen dan menyebar udik-udik.

Keluarga Jokowi dan Erina Gudono mengenakan busana Solo klasik. Busana lelaki beskap beludru warna blue black dengan aksen motif bunga di bagian tengah, leher dan bagian bawah. Sementara wanita mengenakan kebaya solo klasik bahan beludru blue black dengan aksen motif bunga.

Sumber: www.viva.co.id