Jokowi Geram Banyak Impor Pakaian Bekas, Kapolri: Tindak Tegas Penyelundupan!

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Minggu, 19 Maret 2023 – 13:07 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mencari titik awal masalah dan melakukan pemeriksaan terkait beredarnya pakaian bekas impor di Indonesia. Instruksi ini diberikan atas kegeraman Presiden RI Joko Widodo atas maraknya impor pakaian bekas atau thrifting. Menurut Jokowi, impor pakaian bekas mengganggu industri tekstil dalam negeri.

“Terkait dengan instruksi Bapak Presiden, saya sudah instruksikan kepada jajaran untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar Sigit kepada wartawan, Minggu, 19 Maret 2023.

Pakaian bekas hingga sepatu bekas hasil impor dimusnahkan Kemendag.

Pakaian bekas hingga sepatu bekas hasil impor dimusnahkan Kemendag.

Dikatakan Sigit, jika dalam pemeriksaan ditemukan adanya praktik penyelundupan pakaian bekas, maka kepolisian akan menindak tegas oknum-oknum tersebut.

Tindakan tegas itu kata Sigit merupakan salah satu komitmen dari Polri untuk mengawal program dan kebijakan pemerintah dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, termasuk menjaga pasar domestik.

“Kalau nanti kedapatan ditemukan penyelundupan yang memang itu dilarang pemerintah saya minta untuk tindak tegas. Kita jajaran dari institusi Polri harus betul-betul bisa mengawal apa yang menjadi kebijakan presiden,” pungkas Sigit.

Presiden Jokowi membeli baju Koko di Pasar Petanahan Kebumen, Jawa Tengah

Presiden Jokowi membeli baju Koko di Pasar Petanahan Kebumen, Jawa Tengah

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merasa geram dengan adanya aktivitas impor pakaian bekas yang belakangan ini semakin marak di Indonesia. Menurut Jokowi, Impor pakaian bekas itu sangat mengganggu perkembangan industri dalam negeri.

img_title

Sumber: www.viva.co.id