Kapolri Nyatakan Tahun 2022 Kelompok MIT Poso Telah DIberantas Seluruhnya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Sabtu, 31 Desember 2022 – 22:20 WIB

VIVA Nasional – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa Polri telah berhasil mengusut tuntas kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang berada di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal tersebut diungkapkan Listyo Sigit ketika di tahun 2022 ini tidak terdapat korban jiwa hingga serangan teror yang dilakukan oleh kelompok MIT Poso.

“Kami laporkan pada tahun 2022 ini, tidak terdapat korban jiwa dan serangan teror dari kelompok MIT Poso. Karena kami terus melakukan pengejaran dan penangkapan, sehingga kelompok MIT tidak memiliki kesempatan untuk mengganggu masyarakat,” kata Sigit saat memaparkan rilis tahunan di Mabes Polri, Sabtu 31 Desember 2022.

Sigit membandingkan dengan serangan kelompok MIT Poso yang dilancarkan pada tahun 2021. Menurutnya, di tahun 2021 itu, kelompok MIT telah melancarkan sebanyak empat kali serangan yang mengakibatkan enam orang diantaranya tewas.

“Hal ini berbeda di tahun 2021 di mana masih terdapat 6 korban yang meninggal dunia, akibat 4 kali serangan teror dari kelompok MIT. Hasil positif Operasi Magado Raya ini, terlihat dari jumlah penangkapan, 2021 kami tangkap 7 orang dan 2022 berhasil kita tangkap 3 orang DPO,” kata Sigit.

Kata Sigit, pihaknya menduga masih ada satu orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), namun dipastikan sudah meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya

“Saat ini masih satu tersisa yang kita cari, namun diperkirakan sudah meninggal dunia. Saat ini kita sedang mencari jasadnya,” ucap dia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id