KPK Sebut Harun Masiku di Luar Negeri, ICW: Persoalannya, Mau Nangkap Gak?

Harun Masiku

Jumat, 6 Januari 2023 – 22:05 WIB

VIVA Nasional – Indonesia Corruption Watch (ICW) merespons pernyataan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal keberadaan Harun Masiku, tersangka suap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Disebut KPK, Harun Masiku masih berada di luar negeri.

Koordinator ICW, Agus Sunaryanto mengungkap keberadaan Harun Masiku ini sebetulnya sudah diketahui sejak lama oleh lembaga antirasuah tersebut. 

“Itukan teman-teman di IM57+ Institute (lembaga bentukan mantan pegawai KPK) sebenarnya sudah tahu ada di mana. Persoalannya lagi-lagi tinggal mau atau tidak sih KPK melakukan itu (menangkap Harun Masiku),” ujar Agus kepada wartawan, Jumat, 6 Januari 2023.

Kalender 2021 bergambar wajah Harun Masiku.

Kalender 2021 bergambar wajah Harun Masiku.

Agus menilai, KPK bisa saja menangkap eks kader PDIP yang menjadi buron selama tiga tahun itu jika memiliki keseriusan. Ia pun kembali mempertanyakan apakah KPK berniat atau tidak untuk menangkap Harun Masiku.

“Saya pikir, kalau misalnya KPK mau serius, bisa (menangkap Harun Masiku). Jadi mau atau tidak?” tanya Agus.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan buron Harun Masiku terakhir terdeteksi keberadaannya ada di luar negeri. 

Halaman Selanjutnya

“(Keberadaan terakhir) ada di luar negeri. Informasi yang kita terima begitu,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu, Jumat 6 Januari 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id