Liburan Nataru, Makam Mantan Presiden Soeharto Dibanjiri Pengunjung

Makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun.

Jumat, 30 Desember 2022 – 12:32 WIB

VIVA Nasional – Warga ramai mengunjungi makam Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah, selama momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Lonjakan jumlah pengunjung yang berziarah ke makam penguasa Orde Baru itu mencapai 300 persen.

Juru Kunci Makam Astana Giribangun, Sukirno mengatakan kenaikan jumlah peziarah terjadi sejak awal libur Natal yang jatuh pada Minggu, 25 Desember 2022 lalu. Sejak saat itu jumlah peziarah ke makam Soeharto terus naik hingga saat ini.

“Kalau hari normal itu jumlah peziarah sekitar 200 orang. Sedangkan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 jumlah pengunjungnya mencapai 600 hingga 1.000 orang per harinya,” kata dia, Jumat, 30 Desember 2022.

Soeharto

Para peziarah tersebut, menurut dia, sebagian besar berasal dari luar kota Solo. Mereka adalah jemaah pengajian ibu-ibu. Tak hanya itu, para peziarah juga banyak yang berasal dari rombongan keluarga. 

“Kalau yang paling banyak ziarah ke Giribangun itu berasal dari Jawa Timur sekitar 40 persen. Sedangkan lainnya itu dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta,” ujarnya.

Lonjakan jumlah peziarah di makam Pak Harto dan Ibu Tien itu diperkirakan akan terjadi hingga Tahun Baru 2023 mendatang. “Sampai akhir tahun ini masih ramai,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id