Mahfud MD Duga Video Viral Soal Vonis Sambo Upaya Untuk Meneror Hakim Wahyu

Menko Polhukam Mahfud MD

Jumat, 6 Januari 2023 – 13:30 WIB

VIVA Nasional – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD turut memberikan tanggapan mengenai video diduga Hakim Wahyu Imam Santoso tengah membicarakan vonis untuk terdakwa Ferdy Sambo dengan teman Wanitanya. Sebagaimana diketahui, Hakim Wahyu merupakan Hakim yang mengadili Ferdy Sambo atas kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua.

Mahfud menilai adanya video itu perlu diselidiki lebih dalam sehingga bisa diketahui seperti apa peristiwa sebenarnya dalam video itu. Jika benar seperti yang dinarasikan maka bisa jadi ada pelanggaran etik.

“Pertama, itu harus diselidiki. Bisa jadi pelanggaran etik kalau benar itu terjadi. Kedua, mungkin juga video itu dipotong-potong dari rangkaian pembicaraan sehingga timbul kesan tertentu,” kata Mahfud ketika dikonfirmasi Jumat siang, 6 Januari 2023.

Viral diduga hakim Ferdy Sambo

Viral diduga hakim Ferdy Sambo

Sejauh ini, Mahfud MD menduga bahwa tersebarnya potongan video tersebut bagian dari upaya untuk meneror Hakim Wahyu agar tak berani jatuhkan vonis berat terhadap Ferdy Sambo. Penyebar video berharap Hakim Wahyu akan ragu memberikan vonis berat setelah beredarnya video tersebut.

“Sementara ini saya menduga bahwa video itu merupakan bagian dari upaya untuk menteror hakim agar tak berani memvonis Sambo dengan vonis yang berat. Logikanya, biar hakim ragu memvonis Sambo karena khawatir vonisnya dinilai sebagai hasil konspirasi karena sama dengan video yang telah viral sebelumnya,” kata Mahfud

Dugaan Mahfud itu bukan tanpa alasan, Dia mengaku pernah mengalami peristiwa serupa saat masih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi. Saat mengadili kasus sengketa Pilkada Gubernur Maluku Utara pada tahun 2008, 3 hari sebelum menjatuhkan vonis Mahfud diberitakan dipanggil oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu masih menjabat sebagai Presiden.

Halaman Selanjutnya

“Saya dulu sering mengalami hal yang sama. Waktu jadi Ketua MK, saat mengadili perkara Pilkada Gubernur Maluku Utara yang digugat oleh Gafur mengalami teror saat itu. Tiga hari sebelum vonis beredar, berita bahwa Ketua MK Mahfud MD sudah dipanggil oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) agar gugatan Gafur dikalahkan,” kata Mahfud

img_title

Sumber: www.viva.co.id