Mahfud MD Sebut UU yang Inkonstitusional Bersyarat Bisa Diperbaiki dengan Perppu

Menko Polhukam Mahfud MD.

Selasa, 3 Januari 2023 – 08:04 WIB

VIVA Nasional – Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, pada Jumat, 30 Desember 2022. 

Perppu itu menggantikan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK) karena dinilai cacat formal dan prosedur.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, undang-undang (UU) yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat dapat diperbaiki dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD

Hal tersebut diungkapkan Mahfud saat menjawab pertanyaan dari mantan Sekretaris Menteri BUMN Muhammad Said Didu di sosial media Twitter. 

“Prof @mohmahfudmd yth, apakah keputusan MK dapat dianulir dengan penerbitan Perppu?,” tulis Said Didu dikutip dari akun Twitter pribadinya @msaid_didu, Selasa, 3 Januari 2023.

Menjawab pertanyaan dari Said Didu, Mahfud mengatakan, secara prosedural pembuatan Perppu bertujuan untuk memenuhi tuntutan undang-undang (UU) yang inkonstitusional bersyarat. 

Halaman Selanjutnya

Sehingga, untuk Undang-undang Cipta Kerja yang telah diterbitkan dan diteken oleh Jokowi dapat diperbaiki dengan UU atau yang setingkat UU yaitu Perppu.

img_title

Sumber: www.viva.co.id