Masalah Jaminan Sosial Sangat Krusial

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Rabu, 28 Desember 2022 – 01:21 WIB

VIVA Nasional – Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) menyoroti tiga isu penting menyangkut nasib rakyat pekerja. Ketua Umum KRPI Rieke Diah Pitaloka menjelaskan tiga isu tersebut yang sudah dikaji sepanjang 2022.

Menurut dia, tiga isu tersebut akan jadi fokus perjuangan rakyat pekerja termasuk rekomendasi untuk perbaikan nasib ke depan.

“Terdapat tiga rekomendasi untuk perbaikan nasib rakyat pekerja di seluruh Indonesia. KRPI akan kembali mengorganisir kekuatan pekerja di tanah air agar dapat bangkit, maju dan sejahtera,” kata Rieke, dalam keterangannya, Selasa malam, 27 Desember 2022.

Anggota DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka.

Anggota DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka.

Rieke menyampaikan isu pertama terkait pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Menurut dia, sampai saat ini total pemanfaatan JKN mencapai 392,9 juta kunjungan atau sebesar Rp90,33 triliun. 

Adapun menurutnya program jaminan sosial ketenagakerjaan realisasi klaimnya mencapai Rp1,79 triliun. 

“Masalah jaminan sosial sangat krusial bagi rakyat pekerja Indonesia. Kami mendorong pemerintah terus memberi perlindungan wajib bagi pekerja mikro, pekerja migran Indonesia, pekerja bukan penerima upah, pekerja jasa konstruksi, pekerja Non-ASN, bahkan pekerja outsourcing di pelabuhan,” jelas politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut. 

Halaman Selanjutnya

Dia juga menyebut perlindungan juga layak untuk pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Menurutnya, hal itu dengan iuran jaminan sosialnya wahib ditanggung negara selama 6 bulan. “Ini amanat Undang-Undang,” ujar Rieke.

img_title

Sumber: www.viva.co.id