Meski Sudah Damai, Jaksa yang ‘Ngamar’ dengan Pengacara Tetap Diproses Etik

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana

Rabu, 4 Januari 2023 – 12:39 WIB

VIVA Nasional – Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana mengatakan Kejaksaan tetap melakukan proses pemeriksaan secara etik terhadap seorang jaksa wanita inisial MN (38), meskipun kasus pidana umumnya dihentikan karena digrebek polisi lagi di kamar hotel bersama pengacara inisial RM (30).

“Ini perkara sudah berjalan damai yaitu antara pelapor suaminya dengan istrinya. Namun demikian, karena ini menyangkut institusi besar, tetap proses pemeriksaan etik tetap berjalan,” kata Ketut di Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 4 Januari 2023.

Ilustrasi jaksa.

Ilustrasi jaksa.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Menurut dia, proses pemeriksaan etik terhadap jaksa wanita MN dilakukan oleh Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Lampung. Namun, ia belum bisa memastikan sanksi apa yang bakal dijatuhi kepada jaksa wanita MN nantinya.

“(Sanksi) Etik ini kita menunggu proses pemeriksaan apakah nanti kena pelanggaran berat, pelanggaran sedang atau pelanggaran ringan, tergantung proses yang sedang berjalan. Nanti saya akan sampaikan kalau sudah ada berupa hasil pemeriksaannya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Tinggi Lampung menggelar konferensi pers terkait penggrebekan seorang Jaksa wanita berinisial MN (38) dengan oknum pengacara RM (30) di Bandar Lampung, Lampung. Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Lampung, I Made Agus Putra Made mengatakan Kasus tersebut berakhir damai.

“Sebagaimana konferensi pers kami hari ini, kedua belah pihak sudah kita panggil dan kita lakukan pemeriksaan atau konfirmasi bahwa sepakat kedua belah pihak berdamai,” kata Made saat dihubungi VIVA pada Selasa, 3 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya

Made juga mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat tidak akan melanjutkan pelaporannya ke tingkat berikutnya. “Kedua belah pihak selanjutnya mencabut laporan di kepolisian,” tambahnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id