Minta Penggunaan Sirine Dikaji Ulang, Jubir PKB: Baiknya Saat Situasi Darurat

Juru Bicara (Jubir) Milenial Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nada Fuady

Senin, 26 Desember 2022 – 23:16 WIB

VIVA Nasional – Penggunaan sirine dan lampu strobo diminta agar dikaji ulang karena membahayakan. Tragedi truk pasir di Depok yang terguling akibat bunyi sirene mesti jadi pelajaran.

Demikian disampaikan Jubir Milenial PKB, Nada Fuady yang merasa prihatin dengan tragedi kecelakaan imbas penggunaan sirine atau lampu strobo.

“Jujur, saya prihatin. Dari kejadian itu, kiranya perlu dikaji ulang penggunaan sirine pada kendaraan yang lebih sering digunakan untuk pribadi. Tidak hanya sirine, tapi juga penggunaan lampu strobo,” kata Nada, dalam keterangannya, Senin, 26 Desember 2022.

Truk pasir terguling menimpa mobil Pajero Sport berplat TNI di Transyogi Depok

Truk pasir terguling menimpa mobil Pajero Sport berplat TNI di Transyogi Depok

Photo :

  • Tangkapan media sosial FB

Menurut dia, mengkaji penggunaan sirine dan strobo juga terkait erat untuk menjaga kenyamanan lalu lintas. Pun, ia bilang juga untuk melindungi keselamatan pengguna jalan lain.

Dia menjelaskan bunyi sirine sering sekali membuat pengguna jalan atau pengendara lain terkejut. Hal itu tentu akan berpengaruh saat mengemudi. 

“Apalagi ditambah lampu strobo, itu kan tidak sehat bagi mata. Kasian jika ada pengemudi yang sensitif terhadap cahaya. Bisa bahaya itu,” jelas Nada.

Halaman Selanjutnya

Nada menyarankan penggunaan lampu strobo dan sirine baiknya hanya digunakan disaat situasi darurat. Menurut dia, hal itu tepat digunakan untuk mobil ambulans, pemadam kebakaran dan hal-hal darurat lainnya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id