OTT Berkali-kali Pun Tidak Membuat Para Pejabat Negara Menjadi Kapok

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

Rabu, 28 Desember 2022 – 06:45 WIB

VIVA Nasional – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebutkan operasi tangkap tangkap (OTT) yang telah dilakukan beberapa kali tetap tidak membuat para koruptor menjadi kapok.

“Kita bisa melihat ternyata dengan OTT berkali-kali pun tidak membuat para pejabat para penyelenggara negara itu menjadi kapok atau menimbulkan ‘deterrent effect’,” kata Alex saat jumpa pers Kinerja dan Capaian KPK 2022 di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.

Alex pun menyinggung jumlah OTT pada tahun 2018 yang mencapai 30 kali–terbanyak sepanjang sejarah KPK–namun tidak membuat jera para koruptor, terutama dalam modus operandi suap.

Ketua KPK Firli Bahuri mengumumkan hakim Edy Wibowo sebagai tersangka kasus suap.

Ketua KPK Firli Bahuri mengumumkan hakim Edy Wibowo sebagai tersangka kasus suap.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

Justru, katanya, para calon koruptor akan lebih hati-hati dengan mengubah pola agar tidak terjaring OTT. Para calon koruptor itu sudah memahami dan mempelajari pola KPK, sebagaimana terungkap dalam berbagai persidangan.

Terkait hal tersebut, ia memastikan KPK juga bakal memperbaiki sistem di internal untuk mengetahui pola-pola yang digunakan oleh para calon koruptor tersebut.

Halaman Selanjutnya

Alex juga menegaskan bahwa sampai saat ini OTT masih efektif dilakukan sepanjang masyarakat masih menginformasikan dugaan adanya suap oleh para pejabat penyelenggara negara.

img_title

Sumber: www.viva.co.id