Peneliti BRIN Prediksi Jabodetabek Diterjang Badai dan Banjir Besar Besok

Waspada cuaca ekstrem.

Selasa, 27 Desember 2022 – 11:37 WIB

VIVA Nasional –  Ahli Klimatologi di Pusat Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mewaspadai adanya ancaman badai dan banjir besar pada Rabu 28 Desember 2022 besok. Hal tersebut diungkapkan Erma melalui akun instagramnya @EYulihastin.

Dalam postingannya Erma meminta masyarakat waspada, khususnya bagi masyarakat yang berada di daerah Tangerang dan Banten. Menurut Erma, besok di wilayah tersebut berpotensi terjadu hujan ekstrem dan badai dahsyat.

“Potensi Banjir Besar Jabodetabek, Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Erma, dikuti Viva pada Selasa 27 Desember 2022.

Hujan deras guyur kawasan MH. Thamrin jelang malam pergantian tahun

Hujan deras guyur kawasan MH. Thamrin jelang malam pergantian tahun

Erma mengatakan, besok, badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur, yakni dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst). Sementara dari utara melalui angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” kata Erma

Erma meminta masyarakat untuk waspada. Sebab, hujan ekstrem dan badai yang berpotensi terjadi besok tak hanya di Jabodetabek saja, tetapi juga akan meluas ke wilayah lain.

Halaman Selanjutnya

“Konvergensi di darat juga akan terjadi secara massif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat,” ujar Erma

img_title

Sumber: www.viva.co.id