Pengalaman Kami Tangani Kasus Kopi Sianida

Ferdy sambo

Jumat, 6 Januari 2023 – 08:16 WIB

VIVA Nasional – Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo mengatakan dalam penggantian DVR CCTV tak bermasalah daripada langsung menyalin atau mengcopy DVR CCTV. Menurut Sambo, ada kasus lain yang juga jadi acuannya. 

Sambo berpandangan demikian saat sidang kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice tewasnya Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Saat itu, ketua majelis hakim, Ahmad Suhel menanyakan dengan perbandingan kasus lain soal pergantian DVR CCTV. Ia bertanya kepada Sambo alasan eks Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan menunjuk AKBP Ari Cahya alias Acay untuk mengurus pengecekan CCTV di sekitar rumah dinas Sambo.

Sambo mengaku, kemungkinan Hendra menunjuk Acay karena pengalamannya yang pernah sebagai satuan kerja dari Bareskrim Polri. Acay pun turut tergabung dalam tim KM 50.

Ferdy Sambo, Sidang Lanjutan Saksi Ahli Meringankan

Ferdy Sambo, Sidang Lanjutan Saksi Ahli Meringankan

Singkat cerita, Sambo membeberkan beberapa kasus yang pernah ditangani Acay saat jadi bawahan Sambo di Bareskrim Polri. Ada kasus Red Notice Djoko Tjandra hingga Kasus Kopi Sianida.

Sambo menjelaskan, ternyata dalam kasus pembunuhan berencana kopi sianida, sempat bermasalah saat pihaknya melakukan penyalinan atau pengcopyan DVR CCTV. Kata Sambo, dalam persidangan kasus kopi sianida sempat dipertanyakan soal sertifikasinya.

Halaman Selanjutnya

“Ada juga disebutkan red notice. Juga tadi disebutkan demikian oleh saksi Hendra. Artinya ada beberapa di antaranya yang bukan cuma ini saja?,” tanya hakim Suhel di ruang sidang PN Jakarta Selatan, Kamis 5 Januari 2023 malam.

img_title

Sumber: www.viva.co.id