PPKM Pasti Akan Dicabut, Tapi Tunggu Hasil Evaluasi Nataru

Wakil Presiden Maruf Amin bersama Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan Ketua Baznas Noor Achmad dalam acara Silaturahim Wapres Ma'ruf Amin dengan pimpinan dan pengurus Baznas se-Jawa Tengah di Surakarta, Senin, 21 November 2022.

Kamis, 29 Desember 2022 – 15:54 WIB

VIVA Nasional – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, berbicara mengenai rencana Pemerintah menghentikan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM dalam menangani COVID-19. Ma’ruf memyampaikan rencana tersebut saat ini masih dalam pengkajian secara mendalam.

Dia mengatakan, Pencabutan status PPKM pun belum dilakukan saat ini karena akan menunggu hasil evaluasi pergerakan masyarakat pasca libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Karena saat ini virus COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari tanah air.

“PPKM memang akan dicabut. Tapi tunggu sebentar mungkin ya. Artinya, karena dianggapnya sudah landai, jadi menunggu hasil evaluasi Nataru,” ujar Ma’ruf dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden RI, Kamis 29 Desember 2022.

Lalu lintas di satu ruas jalan di Kabupaten Tangerang, Banten, selama penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pengendalian wabah virus corona.

Lalu lintas di satu ruas jalan di Kabupaten Tangerang, Banten, selama penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pengendalian wabah virus corona.

Selama masa pengkajian dan evaluasi tersebut, Ma’ruf mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai COVID-19 kembali melonjak dan membuat dampak negatif ke berbagai sektor

“Walaupun pergerakan masyarakat itu tidak lagi dibatasi, tapi jangan merasa sudah aman betul ya. Jadi tetap harus lakukan protokol kesehatannya, vaksinasi harus tetap jalan terus untuk kekebalan masyarakat,” ujar Wapres.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia akan segera mengakhiri kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Menurut Jokowi, diperkirakan kebijakan tersebut akan diakhiri pada akhir tahun 2022 ini.

Halaman Selanjutnya

Kepala Negara mengatakan, saat ini penanganan kasus Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah dapat dikendalikan dengan baik. Terbukti kasus positif dari yang jumlahnya mencapai puluhan ribu, dan terakhir hanya di angla 1.200 per hari.

img_title

Sumber: www.viva.co.id