Serap 170 Ribu Tenaga Kerja pada 2022, Ini Target Ganjar untuk Investasi Jateng di 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Minggu, 1 Januari 2023 – 13:49 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo telah berhasil menyerap 170.757 tenaga kerja dari realisasi Rp 44,99 triliun investasi hingga triwulan III 2022. Ganjar pun mewacanakan kenaikan target investasi Jateng di tahun 2023.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengikuti istighosah kebangsaan dalam malam  tahun baru di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Jateng, Sabtu, 31 Desember 2022.

“Sekarang di 2023 akan kita siapkan agar kita bisa genjot lagi dengan target yang lebih tinggi karena dengan investasi yang masuk, terus kemudian ekonomi bisa tumbuh, belanjanya juga bisa naik, pasti otomatis pertumbuhannya akan bagus, serapan tenaga kerja akan bagus,” kata Ganjar, dikutip Minggu, 1 Januari 2023.

Ganjar mengatakan, target itu tentunya akan disusun dengan mempertimbangkan keterlibatan berbagai stakeholder yang membantu datangnya investasi. Dengan realisasi investasi yang lebih tinggi, Ganjar meyakini semakin banyak tenaga kerja yang terserap.

“Jadi tidak stand alone tapi ini berkaitan dengan yang lain. Nanti kita akan design kira-kira dalam situasi sulit itu peluang apa yang bisa kita manfaatkan,” kata Ganjar.

Ganjar sendiri berencana meningkatkan angka realisasi investasi dengan menargetkan adanya investor baru dari Meksiko dan Afrika di tahun 2023. Menurut Ganjar, potensi kerjasama dengan kedua negara itu sangat bagus.

Halaman Selanjutnya

“Dubes Meksiko menghubungi saya untuk kita bicara. Agak jauh, tapi kita coba. Terus kemudian negara-negara Afrika. Jadi kita coba gerakan potensi-potensi yang ada, UMKM kita di Afrika oke. Itu bisa kita coba,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id