Stasiun Tawang Semarang Masih Banjir, 2 Kereta Api Dialihkan

Banjir Masih Menggenangi di Stasiun Tawang Semarang

Minggu, 1 Januari 2023 – 08:00 WIB

VIVA Nasional – Hingga Minggu 1 Januari 2023 atau awal tahun baru, banjir masih menggenangi Stasiun Tawang Semarang Jawa Tengah. Banjir yang merendam masih belum surut. 

Kondisi ini membuat laju kereta api atau KA, terganggu. Sehingga manajemen KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, mengalihkan beberapa rute perjalanan kereta api ke jalur selatan atau via Purwokerto – Yogyakarta – Solo.

Banjir Masih Menggenangi di Stasiun Tawang Semarang

Banjir Masih Menggenangi di Stasiun Tawang Semarang

Selain itu, karena Stasiun Tawang masih terkendala banjir, maka pengalihan pelayanan untuk penumpang yang mestinya naik atau turun di Stasiun Tawang, kini untuk sementara
bisa naik atau turun di Stasiun Poncol Semarang.

“Update, di jalur rem Semarang Tawang – Alastua masih tergenang air, tidak bisa dilewati dengan normal. Ini berdampak pada pola operasi beberapa perjalanan KA di lintas utara Jawa,” jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko saat dihubungi Minggu pagi, 1 Januari 2023.

Dua rute kereta api yang seharusnya melewati Semarang, dialihkan memutar via jalur selatan. Yaitu KA Brantas dan KA Brawijaya.

KA Brantas mestinya melewati rute Pasar Senen – Cirebon – Semarang Tawang – Solo – Blitar. Kini dialihakn menjadi Pasar Senen – Cirebon – Purwokerto – Yogyakarta – Solo – Blitar. Begitu juga rute sebaliknya.

Halaman Selanjutnya

Sedangkan untuk KA Brawijaya yang mestinya melayani rute Gambir – Cirebon – Semarang Tawang – Solo – Malang,  kini untuk sementara memutar menjadi Gambir – Cirebon – Purwokerto – Yogyakarta – Solo – Malang. Begitu juga rute sebaliknya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id