Tim SAR Evakuasi 172 Warga Terdampak Banjir Semarang, 1 Meninggal Dunia

Korban banjir di Semarang dievakuasi warga

Minggu, 1 Januari 2023 – 17:05 WIB

VIVA Nasional – Banjir yang melanda Kota Semarang membuat relawan dari berbagai unsur bergerak ke lokasi untuk menyelamatkan warga. Mereka yang terjebak kemudian dievakuasi menuju tempat yang aman. 

Tim SAR gabungan bisa mengevakuasi 172 orang dalam kondisi selamat dari beberapa titik banjir. Sayang, 1 orang dievakusi tapi sudah dalam keadaan meninggal dunia

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, pihaknya memberangkatkan 5 tim rescue yang dibagi ke beberapa titik wilayah Kota Semarang. Yaitu du wilayah Marina Semarang Barat, di Tlogosari, Puri Anjasmoro, Pedurungan, Krobokan, dan wilayah Semarang Utara.

“Prioritas evakuasi untuk lansia, orang sakit , anak-anak, orang kebutuhan khusus dan ibu hamil,” kata Heru.

Tim SAR, lanjutnya, menghadapi sejumlah kendala karena genangan banjir cukup tinggi, sehingga harus menggunakan perahu. Kedalaman banjir bervariasi sekitar 50 sampai 70 cm. Evakuasi ke tempat aman selanjutnya dijemput oleh keluarganya masing-masing.

Tim SAR mengevakuasi warga korban banjir di Semarang

Tim SAR mengevakuasi warga korban banjir di Semarang

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mengonfirmasi 30 titik banjir yang menggenangi kota itu dengan ketinggian air bervariasi antara 20 hingga 70 centimeter.

Halaman Selanjutnya

Namun, beberapa wilayah sudah surut, seperti di jalan-jalan protokol di kawasan Tugu Muda, Simpang Lima, Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda, hingga Jalan Pahlawan sudah bisa dilalui dengan lancar.

img_title

Sumber: www.viva.co.id