Ustazah Nadia Lagi Ngaji Disawer Bak Biduan, MUI: Haram dan Tak Sopan!

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan

Jumat, 6 Januari 2023 – 06:40 WIB

VIVA Nasional – Viral video di media sosial seorang ustazah yang tengah mengaji dihampiri pria bergamis lalu disawer dengan duit di atas kepalanya. Aksi terhadap ustazah Hj Nadia Hawasyi itu menuai kecaman.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengecam tindakan menyawer dengan menyelipkan ke kerudung qoriah.

Nyawer dg cara menyelipkan ke krudung qoriah yg bukan mahromnya adlh haram. Selain itu juga tak sopan,” tulis Kiai Cholil, sapaan akrabnya, dalam akun Instagramnya, @cholilnafis yang dikutip VIVA pada Jumat, 6 Januari 2023.

Dia mengaku sudah tabayun ke MUI daerah tempat aksi nyawer tersebut. Menurut Kholil dari keterangan yang diperolehnya, cara nyawer di depan qori yang tengah melantunkan ayat suci Alquran sebagai tradisi di daerah tersebut.

Saya sdh konfirmasi ke MUI daerah itu bahwa memang tradisinya di sana memberi uang ke depan qari’ yg sdg melanyunkan ayat2 suci Alquran,” tambah Cholil.

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan

Cholil mengatakan nyawer dan menyelipkan uang ke kerudung qoriah itu tak bisa. Dia menaruh perhatian persoalan tersebut. Dia mengatakan daerah dan pelaku yang menyawer akan dibina ulama setempat.

Halaman Selanjutnya

“Agar cara menghormati kpd pembaca Alquran sesuai tuntunan Islam dan sesuai tradisi kesantunan,” lanjut Cholil.

img_title

Sumber: www.viva.co.id