Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Pacu Digital Fesyen Indonesia di Dunia Maya

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo

Senin, 12 Desember 2022 – 17:34 WIB

VIVA Nasional – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wabaparekraf), Angela Tanoesoedibjo, memberi perhatian pada digitalisasi terhadap industri fesyen di Tanah Air.

Termasuk “Bali Digital Fashion Week 2022” yang digelar 10-16 Desember 2022. Sebab ini dianggap sebagai terobosan baru dalam dunia fesyen Indonesia. Mengingat, memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) Experience, NFT, dan metaverse. 

Dalam keterangan persnya, Wamen Angela mengatakan bahwa Bali Digital Fashion Week (BDFW) 2022 adalah ajang digitalisasi pertama di Indonesia. Bahkan termasuk pelopor di Asia. Untuk itu, Angela mengapresiasi inisiasi MAJALABS dan Indonesia Cities Creative Network (ICCN). 

“Ini merupakan suatu terobosan baru dalam dunia fesyen Tanah Air dan menjadi bentuk karya kreatif dan inovasi yang dipertemukan dengan teknologi blockchain. Sehingga harapannya bisa melindungi hak cipta dan memberikan royalti yang berkesinambungan kepada para kreator,” ujar Wamenparekraf Angle Tanoesoedibjo, dalam keterangan yang dikutup Senin 12 Desember 2022.

Dia juga melihat, dengan digital fesyen ini maka potensi pelestarian budaya di dunia maya semakin luas, tanpa batas geografis. Apalagi pemasaran melalui metaverse, yang punya potensi besar ke depannya. 

Lanjutnya menjelaskan, Bloomberg memproyeksikan metaverse akan menjadi masa depan internet. Bahkan ditaksir nilainya mencapai 800 miliar dolar AS pada 2024. Prediksi juga memperkuat kalau 2026 akan ada 25 persen populasi menghabiskan sekitar 1 jam sehari di metaverse. 

“Kita bahkan bisa mengenalkan batik kepada dunia melalui desain skin di game dan lain sebagainya. Seperti contoh avatar saya yang super keren sekali memakai digital fashion dress bermotif batik karya kolaboratif MAJALABS bersama ICCN,” kata Angela. 

Sumber: www.viva.co.id